Thursday, October 22, 2015

Spesies Baru Kura-Kura Raksasa Ditemukan di Galapagos, Ini nih Penampakannya....!!

Unknown

Ilmuwan telah mengidentifikasi spesies baru kura-kura raksasa di Kepulauan Galapagos. Identifikasi dilakukan via data genetik.


Spesies baru ini ditemukan hidup di area seluas 40 kilometer per segi di Pulau Santa Cruz. Kura-kura raksasa ini berbeda dengan spesies sejenis di Galapagos. 

Chelonoidis donfaustoi adalah nama ilmiah yang diberikan pada spesies terbaru ini. Sebelumnya, ilmuwan mengira semua kura-kura raksasa di Galapagos berjenis sama. 

"Saudara terdekat spesies baru ini tidak berada di pulau yang sama, tapi dari pulau tetangga di wilayah timur, San Cristobal," ujar ahli biologi asal Universitas Yale, Adalgisa Caccone, seperti dikutip Reuters, Rabu (21/10/2015). 

Selain berbeda secara genetik, Chelonoidis donfaustoi juga memiliki cangkang yang berbeda, lebih padat dari jenis lainnya. Spesies baru ini juga cenderung memilih tempat tinggal yang lebih kering. 

Kura-kura raksasa, yang dapat tumbuh hingga berbobot 225 kilogram, adalah hewan terkenal di Kepulauan Galapagos. Pencetus teori evolusi Charles Darwin sempat mengunjungi Galapagos dan mengaku banyak terinspirasi dari keberagaman satwa yang hidup di sana. 

Masuk daftar hewan terancam punah, kura-kura raksasa kerap diburu pelaut sebagai cadangan makanan dalam perjalanan jarak jauh. 

Nama spesies terbaru ini diambil dari nama petugas Taman Nasional Galapagos yang sudah pensiun, Fausto Llerena Sanchez. Temuan Chelonoidis donfaustoi dirilis di jurnal PLOS ONE.





sumber | republished by Halo Unik !

0 komentar:

Post a Comment